Senin, 24 Maret 2014

5 Cara alami untuk cegah rambut rontok

 Bahan-bahan kimia yang ada dalam produk perawatan rambut seringkali menyebabkan kerontokan. Untuk mencegahnya tentu Anda memerlukan cara alami yang tak melibatkan zat kimia lagi. Beberapa cara alami ini bisa membantu Anda mencegah rambut rontok, seperti dilansir oleh Times of India (29/08).

1. Perawatan minyak hangat
Gunakan minyak-minyak alami seperti minyak zaitun, kelapa, dan canola. Panaskan hingga hangat, tetapi jangan terlalu panas. Kemudian, pijatkan minyak tersebut ke kulit kepala Anda. Gunakan shower cap (pelindung rambut untuk mandi) dan biarkan selama satu jam. Setelah itu bersihkan dengan sampo.

2. Jus alami
Anda juga bisa memijat kulit kepala menggunakan jus dari bahan-bahan alami, seperti jus bawang putih, bawang merah, atau jus jahe. Biarkan selama semalam, kemudian bersihkan keesokan harinya.

3. Pijat kepala
Memijat kepala selama beberapa menit sehari akan melancarkan sirkulasi darah di kepala. Sirkulasi yang baik membuat folikel rambut semakin aktif. Anda bisa menggunakan beberapa tetes minyak lavender, minyak almond, atau minyak wijen saat memijat kepala.

4. Antioksidan
Celupkan dua kantong teh hijau pada secangkir air, kemudian gunakan pada kulit kepala Anda. Biarkan selama satu jam, lalu cuci. Teh hijau mengandung antioksidan yang mampu mencegah kerontokan dan mempercepat tumbuhnya rambut.

5. Meditasi
Percaya atau tidak, penyebab masalah kerontokan rambut bisa berasal dari tekanan dan stres. Jadi, untuk mengatasinya, tak ada salahnya melakukan meditasi. Meditasi bisa membantu Anda mengurangi stres dan mengembalikan keseimbangan hormon.

Itulah lima cara alami untuk mencegah rambut rontok. Jika ada cara yang alami, mengapa memilih yang menggunakan bahan kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar