Senin, 24 Maret 2014

Khasiat aromaterapi yang perlu Anda ketahui

 Selama ini, aromaterapi sering dimanfaatkan untuk menenangkan pikiran. Namun sebenarnya ada banyak khasiat aromaterapi yang tidak biasa dan perlu Anda ketahui. Yuk simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Third Age (03/09) ini.

Minyak tea tree
Minyak ini disebutkan mampu membuat sel darah putih lebih aktif dan merangsang produksi sistem imun. Minyak tea tree bahkan sudah sering digunakan untuk melawan ancaman bakteri jahat, virus, jamur, dan parasit.

Lavender
Sebuah penelitian menyebutkan menghirup minyak lavender lebih efektif menyembuhkan pasien insomnia daripada menggunakan efek plasebo. Untuk hasil terbaik, coba berikan pewangi pada seprai tempat tidur agar istirahat malam menjadi lebih nyenyak. Namun hati-hati, kebanyakan menghirup lavender juga bisa menyebabkan Anda menjadi mual.

Eukaliptus
Herba yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai penyembuh gangguan pernapasan. Tahu produk Vick VapoRub? Bahan utamanya adalah eukaliptus.

Peppermint
Nyeri otot bisa diredakan dengan minyak peppermint. Minyak ini pun disebutkan ampuh melawan demam dan meringankan sakit kepala. Sebagai peringatan, tutup mata ketika menghirup minyak peppermint dan cuci tangan setelah menggunakannya.

Bunga chamomile
Biasanya dipakai dalam campuran minuman teh. Namun bunga chamomile juga berkhasiat untuk meredakan inflamasi dan memerangi infeksi kulit. Caranya, gunakan 6-10 tetes minyak bunga chamomile dalam bak mandi Anda.

Jahe
Sudah banyak yang tahu kalau jahe berkhasiat memerangi flu, demam, dan masalah pernapasan akibat kedua penyakit tersebut. Untuk hasil terbaik, campur bubuk jahe dengan minyak zaitun dan oleskan pada dada. Hidup aromanya agar Anda segera pulih dari flu atau demam.

Catatan penting lain yang perlu diperhatikan adalah Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan aromaterapi untuk urusan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar